• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Saturday, August 9, 2014

    Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Menstruasi

    Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Menstruasi - Sebagai seorang perempuan, maka sudah sewajarnya akan mengalami masa menstruasi.  Massa yang bisa dikatakan sebagai tanda-tanda perempuan menjadi baligh. Dalam dunia medis, menstruasi pertama pada perempuan terjadi berkisar pada usia 12 – 15 tahun. Sedangkan untuk siklus menstruasinya itu sendiri, terbagi menjadi dua siklus yaitu siklus panjang, dan siklus pendek, diantara kedua siklus tersebut terjadi silih berganti. Dari masing-masing perempuan pasti akan berbeda terjadinya siklus pendek atau panjangnya, tetapi ada satu hal yang pasti dirasakan sama semua perempuan ketika siklus menstruasi, yaitu rasa nyeri yang begitu menyiksa. Namun, jangan takut akan rasa nyeri tersebut karena kini sudah banyak cara mengatasi nyeri saat haid.

    cara mengatasi nyeri saat haid

    Cara mengatasi nyeri saat haid pada perempuan biasanya timbul pada hari 1 – 2, dan untuk hari-hari berikutnya biasanya rasa nyeri akan semakin berkurang. Rasa nyeri yang dirasakan oleh para perempuan itu diakibatkan oleh luluhnya sel telur pada dinding Rahim. Sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma tersebut menempel sangat erat pada dinding rahim, sehingga tidak heran apabila pada hari 1- 2 menstruasi atau haid para perempuan suka mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut, hingga pinggang. Rasa sakit yang ditimbulkan ketika haid tidak main-main, karena ada yang sampai tidak sadarkan diri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka pengetahuan akan cara mengatasi nyeri saat haid bagi perempuan sangatlah penting.

    Cara mengatasi nyeri saat haid yang pertama tentu saja berkaitan dengan asupan makanan. Bagi para perempuan yang sedang haid ataupun menstruasi usahakan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan kalsium, vitamin, serat, zat besi, betakaroten, dan omega 3. Semua kandungan tersebut memiliki peran penting untuk mengurangi rasa nyeri saat haid atau menstruasi. Selain itu, asupan makanan yang bergizi juga bisa menjadikan tubuh menjadi lebih sehat dan kuat terhadap serangan penyakit yang biasa menyerang ketika perempuan lemah saat menstruasi.

    Cara mengatasi nyeri saat haid yang berikutnya ialah dengan mengompres bagian perut dan pinggul. Cara kedua ini memang terdengar cukup ketinggalan jaman atau kuno, tetapi metode kuno ini masih sering dilakukan oleh perempuan yang sedang mengalami siklus menstruasi atau haid, karena menurut mereka cara ini cukup efektif meredakan rasa nyeri yang timbul. Mengompres dengan menggunakan air hangat sebenarnya hanya mengalihkan perhatian rasa saja, yang tadinya nyeri menjadi hangat. Dengan pengalihan perhatian tersebut, rasa nyeri akan sedikit berkurang bahkan bisa saja hilang.

    Cara mengatasi nyeri saat haid yang ketiga masih berkaitan dengan kuno, yaitu jamu. Indonesia terkenal dengan berbagai macam obat tradisional yang berbahan dasar bahan alami. Dan sari sekian banyaknya jamu yang ada di Indonesia adalah jamu yang berbahan dasar 15 – 20 gram daun dewa yang dicampur dengan 20 gram kunyit dan 600 cc air. Dengan meminum jamu yang terbuat dari gabungan dua bahan tersebut, perut akan terasa hangat dan lebih rileks, serta rasa nyeri pun akan semakin berkurang. Manfaat lainnya dari mengkonsumsi jamu secara rutin adalah, ketika siklus menstruasi atau haid datang lagi, rasa nyeri yang dirasa tidak seperti siklus menstruasi sebelumnya.

    Cara mengatasi nyeri saat haid yang keempat ialah dengan mengikat pinggang dengan selendang ataupun kain panjang. Ikatan yang dilakukan tersebut, akan mengakibatkan sel telur meluluh secara pelan. Dengan kata lain, apabila terjadi penurunan kekuatan, rasa sakit yang ditimbulkan pun bisa sedikit berkurang. Walaupun bisa mengatasi rasa nyeri ketika menstruasi atau haid, cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan lebih dari 15 menit dalam kurun waktu satu jam lamanya, karena bisa mengakibatkan terhambatnya saluran kantung kemih.

    Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Menstruasi yang terakhir ialah dengan menggunakan obat-obatan yang didapatkan dari dokter. Konsultasi kepada dokter harap dilakukan apabila rasa nyeri ketika menstruasi atau haid begitu menyiksa, bahkan bisa membuat tidak sadarkan diri. Rasa sakit yang begitu menyiksa tersebut bisa saja diakibatkan oleh gangguan pada bagian organ intim ataupun dinding rahim. Konsultasi ke dokter juga dapat meminimalisir dampak yang lebih buruk pada diri perempuan itu sendiri. Demikianlah artikel kali ini yang semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi kesehatan wanita.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!