• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Saturday, August 9, 2014

    Cara Mengatasi Tubuh yang Cepat Lelah

    Cara Mengatasi Tubuh yang Cepat Lelah - Rutinitas kerja yang pada setiap harinya, tuntutan harus tampil sempurna disetiap kesempatan, masalah kemacetan yang semakin parah merupakan hal setiap hari yang pasti ditemui. Sebelum anda membaca lebih lanjut mungkin anda akan tertarik untuk membaca artikel sebelumnya tentang cara mengatasi nyeri haid. Dengan semakin berat rutinitas yang dijalani, maka harus diimbangi dengan kondisi badan yang sehat dan prima, apabila tubuh tidak dipersiapkan dengan baik tidak menutup kemungkinan tubuh akan semakin mudah merasakan lelah, atau bahkan sampai jatuh sakit. Jadi, sebenarnya bagaimana cara mengatasi tubuh yang cepat lelahyang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Untuk lebih jelasnya lagi, mari saja langsung untuk membahas satu persatu faktor yang bisa menyebabkan tubuh menjadi cepat merasa lelah.

    cara mengatasi tubuh yang cepat lelah

    Cara mengatasi tubuh yang cepat lelah sebenarnya cukup mudah apabila kita mengetahui kondisi kesehatan kita sendiri. Tidur yang tidak berkualitas memang menjadi faktor utama dari badan yang gampang merasa lelah atau capek. Kualitas tidur yang buruk akan berakibat pada lamanya waktu tubuh untuk beristirahat. Padahal, istirahat merupakan faktor yang tidak boleh dilewatkan, apalagi setelah seharian melakukan berbagai macam aktifitas yang menguras energi tubuh. Cara mengatasi tubuh yang cepat lelah yang bersumber pada kualitas tidur yang buruk bisa dengan membeli tempat tidur yang lebih nyaman. Tempat tidur ternyaman yang ada saat sekarang ini adalah tempat tidur yang berbahan dasar latex. Teksturnya yang lembut serta sirkulasi udara yang baik, maka kualitas tidur bisa diperbaiki.

    Faktor yang bisa menyebabkan tubuh menjadi cepat merasa kelelahan adalah faktor makanan yang sembarangan. Makanan pada dasarnya berfungsi sebagai sumber energi bagi manusia untuk dapat melakukan kegiatan fisik. Apabila kualitas atau makanan yang tidak baik, maka secara langsung tubuh juga akan menerima kandungan energi yang sembarangan pula. Oleh karena itu, cara mengatasi tubuh yang cepat lelah akibat makanan yang sembarangan ialah dengan lebih banyak mengkonsumsi bahan makanan berkualitas baik. Beberapa diantaranya adalah sayuran organic, beras merah, susu murni, dan hindari juga makanan cepat saji atau fast food, rokok, dan juga minuman beralkohol.
    Faktor ketiga ini memang sedikit mengkhawatirkan, karena berhubungan dengan satu penyakit yang berbahaya. Apabila merasakan tubuh yang cepat lelah, bukan tidak mungkin hal tersebut adalah gejala awal dari penyakit diabetes yang tidak terdiagnosis sebelumnya. Penyakit yang disebabkan oleh kandungan gula dalam darah yang diatas ambang normal ini bersifat genetic atau diturunkan dari orang tua. Jadi, bagi yang memiliki orang tua pengidap diabetes, maka anaknya kemungkinan besar akan terjangkit penyakit yang sama. Cara mengatasi tubuh yang cepat lelah akibat penyakit diabetes yang tidak terdeteksi adalah dengan memperhatikan asupan makanan, konsumsi obat, dan biasakan tubuh untuk berolahraga.

    Penyebab tubuh merasakan lelah yang sangat cepat ialah kekurangan vitamin B12. Walaupun sudah banyak mengkonsumsi berbagai macam vitamin, namun apabila tubuh tetap kekurangan vitamin B12 maka tubuh akan merasa cepat lelah. Fungsi dari vitamin B12 itu sendiri adalah untuk mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh tubuh termasuk otak. Dan darah yang mengandung oksigen yang masuk ke otak haruslah oksigen dengan jumlah yang cukup. Apabila otak tidak menerima asupan oksigen dalam jumlah cukup, maka tubuh akan cepat merasa leleh. Cara mengatasi tubuh yang cepat lelah yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 adalah dengan memakan tahu ataupun tempe. Walaupun kedua makanan ini murah dan mudah didapatkan, tetapi memiliki kegunaan yang sangat baik bagi badan yang cepat lelah.

    Tubuh bisa merasa cepat lelah apabila kelenjar tiroid mengalami gangguan. Kelenjar tiroid itu sendiri merupakan kelenjar yang mempunyai fungsi untuk mengontrol metabolism tubuh, dan sistem energy. Jadi, apabila kelenjar tiroid ini mengalami masalah, maka kedua fungsi tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Alhasil, tubuh akan cepat merasakan kelelahan, walaupun tidak melakukan hal-hal yang berat. Cara mengatasi tubuh yang cepat lelah karena kelenjar tiroidnya terganggu ialah dengan lebih banyak mengkonsumsi ikan laut. Namun, hal yang paling dianjurkan ialah pergilah ke dokter untuk melakukan konsultasi.

    Faktor terakhir yang bisa menyebabkan badan cepat lelah adalah tingkat depresi yang ditanggung. Fikiran yang sedang tidak karuan yang diakibatkan oleh masalah pekerjaan, masalah hutang, ataupun yang lainnya ini sangat berpotensi untuk menguras tenaga dalam waktu yang sangat singkat. Maka dari itu, Cara Mengatasi Tubuh yang Cepat Lelah akibat tingkat depresi akut ialah dengan membiasakan diri untuk berfikir positif. Dengan fikiran positif, maka semua hal akan terasa lebih mudah untuk dilakukan. Demikianlah artikel kali ini mengenai beberapa informasi kesehatan.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!