• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Monday, August 11, 2014

    Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

    Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala - Tidur dengan lampu menyala dapat menimbulkan bahaya? Apa iya? Sebelum anda membaca lebih lanjut mungkin anda akan tertarik untuk membaca artikel sebelumnya mengenai penyebab perut buncit. Mungkin belum terlalu banyak orang yang tahu atau faham jika masalah simpel seperti tidur dengan lampu menyala dapat menimbulkan bahaya pula. Bahaya tidur dengan lampu menyala juga dapat muncul dikarenakan beberapa faktor. Aktifitas tidur itu sendiri merupakan aktifitas yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Pada saat tidur tubuh akan diistirahatkan sehingga akan terasa lebih segar dan sehat ketika bangun. Namun aktifitas tidur tidak akan memberikan manfaat yang maksimal jika kita tidur dengan lampu yang menyala. Lampu yang menyala pada sat tidur ternyata justru dapat mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh. 

    bahaya tidur dengan lampu menyala

    Pada saat tidur sebenarnya adalah waktu dimana tubuh memproduksi hormon yang disebut dengan melatonin. Hormon ini adalah jenis hormon yang berkaitan erat dengan sistem imun atau kekebalan tubuh kita. Namun, ternyata hormon ini tidak akan diproduksi secara maksimal jika Anda tidur dengan lampu menyala. Hormon ini sangat penting untuk tubuh agar lebih kebal dan juga tahan dari berbagai serangan berbagai penyakit yang menyerang. Inilah salah satu bahaya tidur dengan lampu menyala yang dapat Anda rasakan.

    Kedua, bahaya tidur dengan lampu menyala adalah dapat merangsang pembentukan dan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.  Ada sebuah riset yang membuktikan bahwa perempuan buat beresiko 80% lebih kecil terkena penyakit kanker khususnya kanker payudara. Ternyata dari riset ini ditemukan bahwa pada perempuan buta produksi hormon melatonin semakin banyak dan maksimal sehingga sistem kekebalan tubuh dan imunnya semakin banyak dan maksimal. Seperti yang telah disebutkan jika hormon ini akan diproduksi dalam keadaan gelap namun produksi akan dihentikan ketika adanya cahaya.  Sehingga tidur tanpa lampu sangat dianjurkan agar Anda terhindar dari resiko terkena kanker.

    Bahaya tidur dengan lampu menyala juga bisa ditimbulkan pada anak-anak Anda. Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh para peneliti membuktikan bahwa ketika anak-anak tidur dengan lampu menyala beresiko terkena penyakit leukemia. Pada suasana gelap tubuh seharusnya memproduksi zat pelawan penyakit kanker, namun hal ini akan terhambat ketika berada dalam keadaan terang. Perlu diketahui jika tubuh memerlukan zat melatonin sebagai pencegah kerusakan DNA, sedangkan dengan tidak diproduksinya zat tersebut dapat menghentikan asam lemak yang akan menjadi tumor kemudian mencegah pertumbuhan sel tumor tersebut.

    Menurut riset tersebut anak-anak penderita leukemia semakin meningkat hingga 2kali lipat dalam 40 waktu terakhir ini.  Dengan 500 orang diantaranya adalah anak-anak usia di bawah 15 tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di London salah satu penyebab dari banyaknya orang Mei. Menderita kanker ini adalah ketika mereka terlalu sering menggunakan efek lampu ketika tidur di malam hari. Bahaya tidur dengan lampu menyala ternyata juga sangat berdampak buruk pada anak. Sehingga, sangat disarankan jika ketika tidur anak-anak tidak menggunakan lampu. Jika terpaksa menggunakan lampu gunakanlah lampu yang sedikit redup sehingga dapat mengurangi resiko kanker dan leukemia.

    Disarankan jika Anda terpaksa harus menggunakan lampu saat tidur karena Anda atau anak anda takut bahkan fobia dengan gelap bisa menggunakan lampu dengan warna suram atau redup seperti kuning atau merah. Atau sebagai alternatif bisa mencoba meredupkan lampu tidur Anda agar tidak banyak sinar yang mengenai tubuh sehingga hormon melatonin ini dapat diproduksi meskipun sedikit. Dengan cara ini bahaya tidur dengan lampu menyala dapat sedikit ditekan dan dikurangi. Selain resiko kanker ternyata lampu menyala dapat menimbulkan resiko depresi, menaikkan berat badan, dan juga mengganggu jam biologis yang Anda miliki.

    Bahaya tidur dengan lampu menyala juga dapat dirasakan pada jam biologis Anda. Maksudnya adalah ketika Anda tidur larut malam dengan full disinari lampu akan menjadikan tubuh terasa lemas, capek, dan terasa mengantuk. Hal ini juga mempengaruhi irama atau ritme dari sirkadian akan menjadi kacau sehingga tubuh tidak akan dapat mengimbangi aktifitas pada keesokan harinya mulai pukul 09.00 hingga 17.00 karena tubuh akan selalu terasa tidak segar dan rasa mengantuk yang masih akan terus mengikuti. Oleh sebab itu, lagi-lagi sangat disarankan agar Anda tidur dengan lampu dimatikan atau diredupkan.Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi kesehatan.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!