• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Saturday, August 16, 2014

    Pilihan Makanan Yang Cocok Untuk Diet Sehat

    Pilihan Makanan yang Cocok Dimakan Saat Diet - Jenis makanan saat diet apakah yang sebaiknya dikonsumsi? Sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara menambah berat badan. Nah kali ini saya akan membahas tentang makanan diet. Memiliki bentuk tubuh yang ideal, langsing dan sehat merupakan impian banyak orang. Namun tubuh seperti itu tidak bisa didapatkan begitu saja, apalagi dengan cara-cara instan. Agar tubuh kita langsing dan sehat, kita harus bekerja keras mendapatkannya yaitu melalui olahraga dan pengaturan pola makan atau umum dikenal dengan diet. Diet memiliki aturan-aturan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan ketika diet. Selain itu, diet juga mengatur waktu kapan sebaiknya harus makan dan kapan sebaiknya tidak memasukkan apapun ke dalam perut Anda.

    makanan saat diet

    Makanan saat diet yang tak boleh dimakan sebenarnya tergantung jenis program diet yang kita gunakan. Misalnya jika kita mengambil program diet Raw Food, kita disarankan untuk mengkonsumsi sayuran, buah dan kacang-kacangan. Sebaliknya jika kita mengambil program diet Dukan, kita justru didorong untuk lebih banyak mengkonsumsi protein berupa daging-dagingan dan hanya sedikit mengkonsumsi buah dan sayuran. Diet Low Carb atau rendah karbohidrat menyarankan untuk tidak mengkonsumsi nasi, kentang, mie dan jenis karbohidrat lainnya, tapi membolehkan banyak makan sayur, buah dan daging-dagingan.

    Apapun jenis diet yang Anda pilih, tampaknya ada kesamaan daftar makanan saat diet yang tidak boleh dikonsumsi. Makanan yang mengandung lemak jenuh sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi saat diet. Ini dikarenakan lemak jenuh merupakan faktor pemicu obesitas terbesar. Lemak jenuh terdapat dalam makanan yang sangat enak seperti burger, ayam goring dan makanan fast food lainnya. Meski sangat enak, makanan-makanan tersebut memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan. Lemak jenuh menumpuk kalori dan menyumbat aliran darah. Orang yang sering makan makanan yang mengandung lemak jenuh banyak yang berakhir dengan penyakit stroke dan juga serangan jantung.

    Makanan beku juga merupakan makanan yang kurang cocok sebagai makanan saat diet. Makanan beku memang sering menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki kesibukan yang sangat padat dan tidak memiliki waktu untuk memasak makanan dari bahan segar. Meskipun saat ini banyak makanan beku yang berlabel rendah kalori namun umumnya makanan beku tersebut rendah nutrisi, kurang serat dan protein. Dalam program diet, makanan kaya serat dan tinggi protein sangat dianjurkan untuk dimakan. Serat dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Protein dibutuhkan untuk membangun masa otot.

    Jenis-jenis makanan saat diet yang paling cocok dikonsumsi adalah sayuran hijau atau sayuran berwarna cerah. Makin hijau sayuran tersebut, makin baik. Jika sayuran tersebut berwarna, pilih warna yang paling cerah. Wortel, tomat, paprika merupakan jenis-jenis sayuran berwarna yang sangat dianjurkan untuk dimakan pada saat diet. Selain kaya serat, sayuran hijau dan berwarna cerah juga mengandung kalori yang tinggi. Dengan begitu, kita merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut tentu saja mencegah kita untuk ngemil atau makan di luar jam makan yang seharusnya, dimana hal tersebut merupakan hal sebaiknya tidak dilakukan saat diet.



    Kedelai merupakan bahan makanan yang cocok sebagai makanan saat diet. Kedelai bisa dikonsumsi sebagai minuman maupun makanan. Di Indonesia kita biasa mengkonsumsi kedelai dalam bentuk tempe ataupun tahu. Belakangan ini susu kedelai pun naik popularitasnya sebagai minuman yang sangat baik dikonsumsi pada saat diet. Sayangnya tidak semua orang tahan pada bau susu kedelai sehingga mengkombinasikannya dengan gula ataupun berbagai perasa seperti pandan, coklat, strawberry. Padahal gula dan perasa kurang baik untuk dikonsumsi pada saat diet. Susu kedelai jauh lebih baik diminum dalam keadaan plain atau tawar.



    Selain sayuran dan kedelai, gandum juga merupakan Makanan yang Cocok Dimakan Saat Diet. Gandum bisa dijadikan berbagai bahan makanan namun yang paling umum adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang sangat disarankan dikonsumsi saat diet, apapun jenis program dietnya. Oatmeal sangat baik karena mampu menurunkan kadar lemak jenuh, mencegah sembelit dan menghindarkan kita dari stroke dan serangan jantung. Oatmeal sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti karbohidrat seperti nasi atau kentang. Selain enak, oatmeal dapat dikombinasikan dengan berbagai buah-buahan maupun sayuran bahkan ikan dan daging-dagingan. Demikianlha artikel kali ini yang semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tips kesehatan.

    1 comment:

    1. Keren artikelnya gan, semoga bisa membantu banyak orang ya.
      Seputar Musik

      ReplyDelete

    Perhatian!