• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Wednesday, August 6, 2014

    Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Anda

    Makanan yang Menurunkan Kadar Kolesterol Anda - Memiliki kebiasaan atau pola makan buruk dan tidak teratur bisa mengakibatkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.  Kolesterol memang sudah tak asing lagi di telinga kita saat kini karena banyaknya faktor buruk yang ditimbulkan. Kolesterol adalah sejenis lemak tubuh atau disebut juga dengan lipid dalam kalangan kedokteran. Sebenarnya jika kadar kolesterol dalam tubuh masih dalam hitungan taraf standart dan normal akan sangat baik untuk tubuh, namun jika jumlah atau kadar kolesterol dalam tubuh telah melebih batas normal akan memberikan dampak sangat buruk untuk tubuh, salah satunya adalah resiko terkena penyakit jantung. Untuk mengatasinya Anda bisa mulai merubah pola hidup dan mulai mengkonsumsi makanan yang menurunkan kadar kolesterol.
    makanan yang menurunkan kadar kolesterol

    Makanan yang menurunkan kadar kolesterol sangat banyak dicari oleh kalangan yang menginginkan gaya hidup sehat. Tahap pertama ketika kita ingin mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jahat seperti makanan berminyak, bersantan, dan juga menghindari junk food. Konsumsi junk food yang berlebihan merupakan penyumbang terbesar naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.  Sebagai ganti konsumsi makanan junk food Anda dapat mengkonsumsi makanan yang menurunkan kadar kolesterol. Tentunya jenis makanan tersebut lebih aman dan juga sehat untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin dan zat yang baik untuk tubuh. Jika kadar kolesterol jahat meningkat tinggi karena junk food merupakan makanan yang mengandung banyak lemak jahat.
    Fungsi penting dari kolesterol dalam tubuh adalah sebagai salah satu penyusun struktur dalam membran sel, berperan sebagai pelindung kulit dari bahaya racun, menjadikan kulit tetap lembab, dan juga pembentuk Vitamin D dalam tubuh. Jika Anda dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dengan baik tentu banyak dampak positive yang didapatkan. Oleh karena itu Anda harus mengkonsumsi makanan yang menurunkan kadar kolesterol atau mengkonsumsi makanan yang tidak dapat meningkatkan kadar lemak jahat dalam darah. Menurut para ilmuan, ada beberapa bahan makanan sehat yang dapat Anda jadikan alternatif bahan makanan rendah kolesterol.
    Tomat, buah yang berwarna merah ini digadang-gadang sebagai jenis buah terbaik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan Vitamin A dan juga C yang tinggi dapat mengikat lemak jahat dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah tomat secara langsung atau menjadikannya sebagai jus dengan catatan sari dan juga kandungan tidak berkurang. Jika Anda mengkonsumsinya secara teratur secara bertahap kadar kolesterol akan turun. Buah lain yang termasuk makanan yang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah buah alpukat dan juga anggur.
    Anggur memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Para ahli menganjurkan agar mengkonsumsi anggur khususnya anggur merah setidaknya 2 kali dalam sehari. Sama halnya dengan buah alpukat, blueberry, dan juga buah plum. Ketiga buah tersebut telah terbukti dapat mengikat lemak jahat dalam tubuh sehingga kadar kolesterol dalam darah dan tubuh akan tetap normal dan juga terkontrol.  Khusus untuk buah alpukat mengandung kadar lemak tak jenuh yang justru menyehatkan tubuh Anda karena dapat meningkatkan kadar lemak baik HDL Anda.  Jadi, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang menurunkan kadar kolesterol jenis buah-buahan ini.
    Jenis kacang-kacangan juga dapat Anda konsumsi karena termasuk makanan yang menurunkan kadar kolesterol. Jenis makanan kacang-kacangan ini mengandung zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi kenari setiap hari dapat mengurangi sebanyak 27%. Dalam segenggam atau sekitar 42.5 gram jenis kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pistachio, walnut, dan juga kacang pinus dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
    Kacang mengandung lemak omega 3 dan juga antioksidan tinggi yang berfungsi untuk merehabilitasi pada kerusakan arteri akibat dari lemak jenuh. Teh hijau, yogurt, dan juga minyak zaitun juga merupakan makanan yang menurunkan kolesterol anda di dalam tubuh. Kandungan zat terdapat dalam ketiga bahan tersebut juga dapat mengikat lemak jahat dalam tubuh. Masih banyak bahan makanan yang dapat Anda konsumsi sebagai alternatif menurunkan kolesterol seperti ikan dan minyak ikan, flaxseed oil, kedelai, gandum, apel, buah delima, biji wijen, wortel, dan juga pada bawang putih. Dengan mengkonsumsi kesemua bahan tersebut secara rutin, Insya Allah akan mengurangi kadar kolesterol jahat yang dapat merusak tubuh Anda.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!