• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Friday, August 8, 2014

    Mengenal Ciri-Ciri Kehamilan pada Wanita

    Mengenal Ciri-Ciri Kehamilan pada Wanita - Hamil merupakan salah satu harapan yang diinginkan oleh pasangan suami istri,terutama bagi pasangan yang sudah lama menikah namun belum dikaruniai buah hati. Banyak wanita yang belum mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri orang hamil. Sehingga mereka merasa kebingungan untuk mengetahui bahwa mereka sudah mengalami kehamilan atau belum. Bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi tersebut, maka jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan di bahas secara detail. Berikut ini ciri-ciri kehamilan wanita yang dapat kita ketahui sebelum memutuskan untuk memeriksakan ke dokter kandungan. 

    kehamilan pada wanita

    1.                   Tidak mengalami haid pada bulan tersebut
    Apabila Anda memiliki siklus menstruasi teratur setiap bulan, maka akan lebih mudah mengetahui terjadinya proses kehamilan. Terlambat datangnya menstruasi merupakan ciri kehamilan yang cukup akurat. Berbeda dengan wanita yang siklus haidnya tidak teratur, maka telat datangnya menstruasi bukan berarti wanita tersebut hamil.



    2.                   Aerola berwarna hitam
    Aerola merupakan bagian sekitar puting payudara yang berwarna coklat. Apabila wanita tersebut mengalami kehamilan, maka warna aerola akan berubah menjadi lebih gelap atau hitam. 

    3.                   Mengidam makanan
    Dari beberapa penelitian mengatakan bahwa 90% wanita hamil akan mengalami ngidam makanan pada bulan-bulan pertama kehamilan. Ciri-ciri kehamilan wanita yang satu ini memang cukup mudah diketahui dan sering terjadi dari kebanyakan wanita hamil. Penyebab wanita yang sedang hamil mengalami ngidam, karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh wanita tersebut. Walaupun mengalami ngidam, tetapi juga harus diikuti ciri-ciri kehamilan yang lain.

    4.                   Mengalami kram dan perdarahan
    Ciri-ciri kehamilan wanita yang lain yaitu mengalami kram dan perdarahan yang menyerupai bercak-bercak berwarna merah muda. Hal itu terjadi sekitar seminggu setelah mengalami ovulasi, maka wanita hamil kemungkinan dapat mengalami kram dan perdarahan. Hal ini disebabkan sel telur yang terus memasuki ke lapisan endometrium 

    5.                   Sering mengalami buang air kecil
    Wanita yang mengalami kehamilan akan sering buang air kecil. Hal itu dikarenakan janin yang dikandung mengalami implantasi dan memproduksi hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Sehingga menyebabkan kandung kencing menjadi tertekan oleh rahim yang semakin hari semakin membesar. Keluhan tersebut akan berkurang ketika usia kehamilan 12 minggu. Ciri-ciri kehamilan wanita tersebut akan kembali timbul setelah kehamilan berusia 28 minggu. Wanita hamil akan semakin sering pergi buang air.  

    6.                   Badan terasa lemas dan merasa kelelahan
    Saat wanita mengalami kehamilan, maka akan memproduksi hormon yang bernama hormon progesteron dengan jumlah besar. Sehingga menyebabkan wanita tersebut merasa sangat capek dan menyebabkan kondisi badan menjadi lemas. Hal ini merupakan ciri-ciri kehamilan wanita saat kehamilan masih berusia sangat muda. Oleh karena itu, wanita yang hamil muda tidak boleh terlalu banyak aktifitas dan mengangkat beban yang beratkarena dapat menimbulkan terjadinya keguguran pada janin.

    7.                   Payudara membengkak
    Wanita yang sedang mengalami kehamilan biasanya akan ditandai dengan membengkaknya payudara, sama halnya seperti saat mengalami menstruasi. Meskipun membengkak, payudara tersebut ketika disentuh akan terasa lebih lembut. Bahkan, kadang-kadang juga disertai rasa sakit dan gatal. Selain itu, payudara juga berwarna lebih gelap dibanding saat tidak hamil. Ciri-ciri kehamilan wanita ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon. Namun setelah tubuh merasa terbiasa, maka pembengkakan dan rasa gatal akan berangsur hilang.

    8.                   Berubahnya indra penciuman
    Banyak wanita yang saat mengalami kehamilan merasakan bau logam di dalam mulutnya. Selain itu juga banyak wanita hamil yang tidak menyukai makanan atau minuman yang memiliki bau yang tajam seperti kopi, teh bahkan berbagi jenis bumbu dapur. Apabila mereka mencium bau tersebut akan menyebabkan perut merasa mual dan dapat memicu wanita tersebut menjadi muntah.

    9.                   Mengalami morning sickness
    Morning sickness yaitu sering mengalami mual dan muntah ketika pagi hari. Hal itu terjadi setiap hari setelah terjadinya pembuahan. Sehingga menyebabkan perubahan hormon di dalam tubuh wanita tersebut.

    Dengan tips di atas kita akan lebih mudah Mengenal Ciri-Ciri Kehamilan pada Wanita yang dapat diketahui sendiri, setelah mengetahui beberapa ciri-ciri diatas sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan. Supaya kehamilan Anda akan terjaga kesehatannya karena biasanya akan diberikan vitamin tambahan untuk kebutuhan ibu dan janin yang dikandung. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini melalui facebook maupun twitter. Semoga bermanfaat bagi anda yang mencari informasi kesehatan.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!