• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Friday, August 15, 2014

    Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

    Tips Mencegah Timbulnya Jerawat pada Wajah - Bagaimanakah tips mencegah jerawat yang paling efektif?  Jerawat merupakan salah satu problema kulit yang umumnya muncul di wajah, punggung dan dada. Penyebab jerawat tergantung dari banyak faktor antara lain hormon, jenis kulit, kosmetik dan juga makanan tertentu. Hormon merupakan faktor penyebab jerawat yang sering muncul di usai remaja atau pada wanita hamil. Pada remaja hormone pertumbuhan membuat produksi minyak pada kulit wajah menjadi lebih banyak sehingga jerawat pun lebih mudah muncul. Oleh karena itu, remaja sebaiknya rajin membersihkan wajahnya dengan sabun khusus setiap kali selesai beraktifitas.

    tips mencegah jerawat

    Tips mencegah jerawat kali ini merupakan kumpulan informasi yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya yang bisa anda jadikan masukan. Kosmetika juga mengambil peranan dalam timbulnya jerawat pada kulit wajah. Kesalahan memilih produk kosmetik dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah misalnya jerawat, noda kehitaman, iritasi dan lain sebagainya. Tips mencegah jerawat yang disebabkan oleh kosmetika adalah dengan selalu berhati-hati dalam memilih produk. Jika wajah Anda berminyak dan berjerawat, pastikan produk kosmetika yang Anda gunakan berbahan dasar air, bukan minyak. Selain itu usahakan produk kosmetika tersebut mengandung bahan-bahan yang bersifat non-comedogenic.

    Beberapa jenis makanan tertentu dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Makanan berminyak, bersodium tinggi atau terlalu manis seringkali menimbulkan masalah. Oleh karena itu, tips mencegah jerawat karena makanan yang bisa dilakukan adalah menghindari makanan seperti gorengan, kue-kue manis, coklat, soda, mie instant, burger dan fast food lainnya. Kebanyakan makanan yang dapat menyebabkan jerawat adalah makanan enak yang menjadi makanan kegemaran Anda. Jadi, cukup berat juga untuk menghapusnya dari daftar menu. Namun pikirkan kembali penderitaan kulit wajah Anda akibat makanan-makanan tersebut. Pilih mana yang terpenting, kenikmatan di indera perasa atau kecantikan kulit wajah.

    Mengatur pola makan menjadi sesuatu keharusan untuk mencegah timbulnya jerawat. Makan makanan segar dan sehat menjadi salah satu tips mencegah jerawat yang selalu berhasil. Dengan makanan yang sehat, asupan nutrisi di dalam tubuh senantiasa terjaga. Tubuh yang sehat memiliki metabolisme yang lancar sehingga aliran darah pun mengalir ke seluruh tubuh tanpa hambatan. Dengan demikian, segala macam toxin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan polusi tidak akan memicu timbulnya jerawat karena tubuh dapat mengeluarkannya dengan sempurna.

    Kotoran dan debu yang menempel di kulit wajah merupakan faktor penyebab jerawat lainnya. Aktifitas di luar ruangan yang panas dan berdebu serta polusi membuat kulit wajah mudah sekali menjadi kotor. Kotoran tersebut menyumbat pori-pori kulit. Jika bercampur dengan minyak wajah dan keringat tanpa dibersihkan, maka sudah bisa dipastikan jerawat akan muncul. Untuk itu,tips mencegah jerawat karena faktor ini adalah dengan rutin membersihkan wajah setiap hari, pagi dan sore. Mulai rutinitas pembersihan dengan milk cleanser ataupun sabun wajah yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Pembersihan ini harus dilanjutkan dengan penggunaan toner dan pelembab. Toner bekerja untuk mengecilkan pori-pori kulit sedangkan pelembab bekerja untuk membuat kelembaban kulit senantiasa terjaga.

    Tips mencegah jerawat berikutnya adalah dengan tidak menggunakan kosmetik yang terlalu tebal. Terkadang saat wajah kita berjerawat, kita ingin menutupnya dengan foundation tebal-tebal agar jerawat tidak terlihat. Aplikasi foundation yang tebal ini masih ditambah dengan penggunaan bedak yang juga diaplikasikan tebal-tebal. Dengan bantuan makeup seperti ini, jerawat memang tidak terlihat. Namun sebenarnya cara tersebut tidak benar. Kulit wajah yang ditumpuk dengan berlapis-lapis foundation dan bedak akan tersiksa karena sirkulasi pada kulit terhambat. Kulit jadi sulit bernapas dan jerawat bisa meradang.

    Tips Mencegah Timbulnya Jerawat pada Wajah selanjutnya adalah anda perlu menghindari memencet jerawat dengan tangan, bahkan yang sudah dibersihkan pun, cenderung mengandung bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman dapat yang akan memperburuk kondisi jerawat. Sebaiknya jika ingin memencet jerawat, gunakan alat pemencet khusus yang steril atau biarlah dilakukan oleh ahlinya. Selain tips diatas, selalu sediakan waktu untuk berolahraga agar keringat dapat keluar. Lakukan olah raga ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda atau senam. Yang terpenting lakukan dengan teratur. Keringat membantu mendetoks racun-racun yang terkumpul di dalam tubuh dan menyebabkan munculnya jerawat pada kulit wajah.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!