• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Monday, September 8, 2014

    Beberapa Olahraga yang Mampu memperkuat Jantung

        Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh. Fungsi jantung yaitu untuk memompa darah. Jantung terdiri dari serambi dan bilik yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Kesehatan jantung harus dijaga dengan baik. Karena jika terjadi kerusakan, maka akan mengakibatkan kesehatan anda akan terganggu. Cara memperkuat jantung dapat dilakukan dengan melakukan olahraga. Olahraga yang memperkuat jantung dapat dilakukan dengan mudah. Asalkan Anda dapat secara rutin melakukannya, maka anda akan mendapatkan jantung yang kuat dan sehat.

    olahraga yang mampu memperkuat jantung

    Ada beberapa macam olahraga yang dapat memperkuat jantung.
    1. Dengan melakukan olahraga ringan yaitu berjalan kaki
    Olahraga tersebut merupakan hal yang sangat sepele. Namun, terkadang hal tersebut sangat malas untuk dilakukan. Semakin berkembangnya alat transportasi mengakibatkan dampak yang negative pada manusia, salah satunya yaitu mengakibatkan orang malas untuk melakukan jalan kaki ketika akan menuju tempat tertentu. Jika Anda tidak pernah melakukan jalan kaki, maka kinerja jantung akan semakin lemah. Hal tersebut akan sangat berbahaya pada kesehatan jantung. Olahraga yang memperkuat jantung dengan berjalan kaki akan membuat kinerja jantung akan berjalan normal. 

    2. berenang
    Olahraga ini sering menjadi hobi para pencinta olahraga. Bagaimana tidak? Berenang sangat menyenangkan untuk dilakukan karena dapat membuat kesehatan jantung menjadi semakin baik.  Anda dapat melakukan olahraga renang 2 kali dalam 1 minggu untuk membuat jantung menjadi kuat. Hal ini disebabkan karena ketika melakukan olahraga renang gerakan pada saat berenang memicu terjadinya kontraksi otot tubuh dan jantung memompa darah dengan cepat. Kecepatan tersebut membuat jantung menjadi lebih sehat. Beberapa juga akan membuat tubuh menjadi lebih ideal. Karena ketika berenang, lemak yang terdapat di dalam tubuh akan terbakar dengan sempurna. Olahraga yang memperkuat jantung ini dapat dilakukan dengan mudah jika anda dapat berenang, minimal berenang dengan gaya bebas.


    3. Bersepeda 
    Sebagian orang mungkin sering melakukan hal tersebut ketika akan menuju tempat tertentu. Bersepeda merupakan olahraga yang memberikan keuntungan ganda pada diri anda. Keuntungan yang pertama yaitu dapat mengurangi pencemaran lingkungan karena sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Keuntungan yang ke dua yaitu anda dapat menghemat ongkos menuju tempat tertentu. Keuntungan yang ke tiga yaitu bersepeda dapat membuat jantung menjadi lebih sehat dan kuat. Gerakan mengayuh sepeda akan membuat kinerja jantung semakin baik. Sehingga jantung menjadi semakin kuat. Olahraga yang memperkuat jantung tersebut dapat dilakukan setiap hari. 

    3. Senam 
    Olahraga yang satu ini banyak dilakukan oleh para wanita. Senam dapat dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan.  Olahraga ini dapat dilakukan dengan mudah jika anda sudah memahami setiap gerakan dalam senam. Jika anda tidak memahami gerakan pada senam, maka sebaiknya menggunakan instruktur senam dalam melakukannya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi gerakan yang salah. Apabila terjadi gerakan yang salah, maka dapat membahayakan kesehatan anda. Kesalahan dalam gerakan dapat mengakibatkan cidera pada anggota tubuh. Olahraga yang memperkuat jantung dengan melakukan senam ini, meliputi beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu pemanasan, tahap ke dua yaitu inti, dan tahap terakhir yaitu pendinginan. Semua tahapan dalam senam harus dilakukan dengan baik dan benar.

    5. jalan cepat 
    Jenis olahraga ini dapat dilakukan setiap pagi. Jalan cepat bukan berarti berlari, namun berjalan dengan tempo yang cepat. Olahraga ini dapat dilakukan dengan mudah seperti halnya berjalan kaki seperti biasa. Hal yang membedakan yaitu kecepatan pada berjalan. Olahraga yang memperkuat jantung ini akan membuat jantung lebih kuat. Ketika melakukan olahraga tersebut, maka jantung akan memompa darah dengan cepat. 



    Semua olahraga untuk membuat jantung menjadi sehat tidak membutuhkan biaya yang besar. Asalkan ada kemauan yang keras dan keyakinan yang kuat maka semua hal tersebut dapat dilakukan dengan baik. Olahragayang memperkuat jantung tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mematikan. Anda juga bisa membaca artikel sebelumnya mengenai makanan yang dapat mencerdaskan otak. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari informasi tips kesehatan.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!