• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Monday, September 8, 2014

    Tips Mengobati Gusi Berdarah Dengan Mudah

    Mengalami permasalahan gusi berdarah memang sangat mengganggu, penyakit ini bisa dibilang cukup ringan namun bukan berarti kita mengabaikannya. Karena jika kita tidak segera mengobati gusi berdarahakan mengakibatkan penyakit yang lebih serius. Gusi berdarah merupakan efek dari radang gusi atau gingivitis yang disebabkan oleh penghapusan pada plak gigi yang salah pada garis gusi. Plak inilah yang akan mengeras hingga menjadi karang gigi jika tidak dapat dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Sehingga mengakibatkan pendarahan, dan untuk kasus yang serius dapat mengakibatkan penyakit gusi dan rahang atau periodontitis.

    mengobati gusi berdarah


    Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati gusi berdarah, kita akan membahas mengenai penyebab gusi berdarah lainnya, yaitu seperti:

    1.                   Gangguan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura(ITP) yang merupakan penyakit darah dan menyebabkan kurangnya sel darah merah dalam tubuh.
    2.                   Pemasangan gigi palsu yang tidak pas.
    3.                   Terjadinya infeksi pada gigi dan gusi.
    4.                   Penggunaan sikat gigi yang terlalu keras dan kasar.
    5.                   Perubahan hormon kehamilan.
    6.                   Infeksi jamur, virus dan bakteri.
    7.                   Kekurangan Vitamin K.
    8.                   Leukimia.
    9.                   Flossig yang tak sesuai.

    Lalu, bagaimana cara mengobati gusi berdarah secara alami dan efektif? Berikut ini jawabannya:

    1.                   Daun dan akar sereh
    Tips pertama adalah dengan memanfaatkan daun dan akar sereh. Caranya yaitu siapkan 15 gram daun dan akar sereh. Kemudian ditambahkan dengan 20 gram kunyit. Setelah itu, rebus campuran tadi dengan air sebanyak 500cc dan campur dengan garam. Kemudian, didihkan hingga tersisa air ramuan tadi setengahnya. Lalu, dingin ramuan tadi dan minum.

    2.                   Air lemon
    Tips mengobati gusi berdarah berikutnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Air lemon memiliki kandungan zat yang dapat membunuh kuman maupun bakteri di dalam mulut, yang juga bermanfaat untuk mengatasi gusi yang bengkak dan berdarah. Caranya yaitu pakai perasan air lemon sebagai obat kumur dan berkumur, dan gunakan sebanyak 3 kali sehari hingga beberapa menit.

    3.                   Daun jarak dan kapur sirih
    Tips selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun jarak dan kapur sirih. Adapun caranya dengan merebus campuran sebanyak 1 sdm kapur sirih dan 5 lembar daun jarak dengan air sebanyak 4 gelas. Didihkan hingga tersisa 2 gelas, dinginkan, lalu gunakan air rebusan tadi sebagai obat kumur alami.

    4.                   Minyak Cengkeh
    Anda juga bisa memanfaatkan minyak cengkeh untuk mengobati gusi berdarah. Minyak cengkeh mengandung zat antibacterial yang dapat membunuh bakteri di mulut, mengatasi gusi berdarah, sebagai zat anti peradangan, dan juga meredakan rasa sakit. Caranya yaitu dengan mencampurkan minyak cengkeh dan minyak zaitun lalu oleskan pada bagian gusi yang sedang meradang.

    5.                   Jus stroberi dan lemon
    Tak hanya rempah-rempah saja yang bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, Anda juga bisa memanfaatkan jus buah-buahan untuk mengobati gusi yang bengkak dan berdarah. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada stroberi dan lemon ampuh melawan infeksi. Caranya yaitu dengan mencampur sebanyak 4 buah stroberi dengan 1 sdm air perasan lemon. Lalu gunakan ramuan ini untuk menyikat gusi Anda dengan lembut. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih.

    6.                   VCO
    Virgin Coconut Oil atau VCO ternyata juga ampuh melawan bakteri dan mampu mengobati infeksi. Caranya sangat mudah, yaitu cukup mengoleskan VCO tadi pada gusi yang berdarah.

    7.                   Yoghurt
    Untuk melawan bakteri di mulut yang menyebabkan penyakit pada gusi dan gigi, Anda bisa memanfaatkan yoghurt. Cukup mengkonsumsi yoghurt putih dan menggosokkannya pada gusi Anda dengan lembut, maka penyakit pada gusi pun akan menghilang.

    8.                   Larutan air garam
    Larutan garam tak hanya ampuh mengobati sakit gigi yang berlubang, tetapi juga ampuh untuk mengatasi gusi yang bengkak dan berdarah. Caranya juga sangat simpel dan sederhana, Anda cukup membuat larutan air garam dengan menambahkan 1 sdm garam dengan segelas air hangat. Setelah itu aduk hingga rata, dan gunakan larutan ini sebagai obat kumur alam hingga beberapa menit. Untuk hasil maksimal gunakan larutan garam sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

    Demikianlah cara mengobati gusi berdarah secara alami dengan efektif untuk Anda. Anda juga bisa membaca artikel sebelumnya tentang obat sakit gigi yang ampuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda yang mencari tips kesehatan.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!