• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Saturday, July 1, 2017

    Gejala Diabetes Yang Sering Dianggap Sepele


    Gejala Diabetes Yang Sering Dianggap Sepele - Gejala Diabetes merupakan sesuatu yang harus kita ketahui sejak dini, dengan mengetahui gejalanya, maka kita akan lebih mudah mengobatinya . Jika kita menderita gejala diabetes, maka kita harus segera mengobatinya agar penyakit diabetes tersebut tidak bertambah parah . Gejala diabetes ini bermacam-macam, ada gejala diabetes berupa mati rasa, sering buang air kecil, dll. Semua gejala-gejala tersebut harus kita ketahui, walaupun kita belum menderita penyakit berbehaya ini .Tidak sedikit, karena terlalu berbahayanya penyakit diabetes ini, penderita penyakit ini mengalami kematian . Untuk itu kita harus mengetahui gejala-gejala atau tanda-tanda diabetes . Berikut 9 Tanda-tanda penyakit diabetes :

    Gejala-Gejala Diabetes Melitus

    1. Mati Rasa 

    Gejala Diabetes yang pertama adalah Mati Rasa atau dalam bahasi inggris "Numb". Hampir seluruh penderita diabetes mengalami gejala mati rasa . Gejala Diabetes mati rasa disebabkan karena saraf pada tubuh tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan karena peningkatan kadar gula darah . Bagian tubuh yang biasanya mengalami mati rasa adalah tangan, kaki, atau jari.

    2.Sering Buang Air Kecil 

    Gejala diabetes yang kedua adalah sering buang air kecil . Buang air kecil yang normal adalah 5 hingga 8 kali sehari . Jika sewaktu-waktu kalian sering melakukan buang air kecil melebihi normal tersebut, segera konsultasikan ke dokter agar mengetahui apakah anda menderita diabetes atau tidak . Hal ini bertujuan agar kalian mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat ketika diketahui kalian menderita diabetes . 

    3. Sering Haus



    Gejala Diabetes Sering Haus

    Gejala diabetes yang ketiga adalah Sering haus,  gelala ini sangat berkaitan dengan gejala diabetes sering buang air kecil . Semakin sering melakukan buang air kecil akan memengaruhi cairan yang ada di dalam tubuh . Tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan penderita diabetes mengalami dehidrasi . 

    4.Mulut Terasa Kering
    Mulut terasa kering sangat berhubungan erat dengan gejala diabetes nomer 3 dan 4 . Mulut terasa kering ini terjadi karena seringnya buang air kecil sehingga tubuh menjadi mudah haus . Jika tubuh tidak mendapatkan cairan dalam waktu yang cepat akan membuat mulut terasa kering.


    5.Berat badan Turun Drastis
    Turunnya berat badan merupakan keinginan setiap wanita atau seseorang yang kegemukan. Tetapi apabila penurunan berat badan tersebut terjadi secara drastis merupakan sebuah kabar buruk bagi seseorang yang mengalaminya . Karena besar kemungkinan hal itu merupakan salah satu gejala penyakit diabetes . Penurunan berat secara drastis ini disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh karena tingginya kadar gula dalam tubuh . 

    6. Infeksi Pada Kaki dan Tangan 

    Gejala Diabetes Infeksi

    Infeksi pada jari kaki dan tangan merupakan gejala awal diabetes yang ketujuh, gejala diabetes ini merupakan gejala yang paling sering terjadi . Tanda awal dari infeksi yang sering ditemukan misalnya adalah kulit lecet dan kulit mengelupas sendiri.

    7.Nyeri Sendi
    Rasa nyeri pada sendi merupakan salah satu gejala awal terjadinya penyakit diabetes melitus . Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah yang sangat tinggi menyebabkan rusaknya syaraf yang cukup parah.

    8.Nafsu makan meningkat 

    Gejala Diabetes Nafsu Makan Meningkat

    Meningkatnya nafsu makan merupakan salah satu gejala awal penyakit diabetes ini, Rasa lapar tersebut disebabkan karena makanan yang sudah ditelan tidak dapat masuk ke dalam sel untuk digunakan pada proses metabolisme . Tetapi tidak semua nafsu makan yang meningkat merupakan gejala awal penyakit diabetes.

    9.Lambatnya Proses Penyembuhan Luka
    Tingginya gula darah membuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi tidak normal . Hal itu menyebabkan lambatnya proses penyembuhan luka . Proses penyembuhan luka yang seharusnya membutuhkan waktu yang singkat, akan menjadi lebih lama apabila terkena penyakit diabetes . Bagi para penderita diabetes terkena luka atau goresan merupakan suatu musibah besar karena luka atau goresan tersebut akan menjadi masalah yang cukup berat . Terkadang karena tidak cepat sembuh, bagian tubuh yang terkena luka tersebut harus diamputasi untuk mengatasi infeksi.

    10.Gangguan Pada Gusi
    Penderita diabetes lebih beresiko mengalami kerusakan gusi. seperti misalnya gusi menjadi merah, mengalami pembengkakan, dan iritasi. Gusi yang membengkan sering menyebabkan penderita diabetes ini tidak nyaman ketika makan, karena terganggu dengan gusi yang membengkak tersebut.

    11.Penglihatan menjadi Tidak Jelas                                                                                       Penglihatan menjadi kabur merupakan masalah umum bagi penderita diabetes melitus type 2.Masalah penglihatan tersebut terjadi akibat kadar glukosa dalam darah bertambah tinggi, sehingga merusak pembuluh darah dan membatasi cairan yang masuk ke mata. Kondisi ini dapat mengubah bentuk lensa mata . Untungnya gejala diabetes melitus ini dapat kembali normal apabila kadar gula darah berkurang hingga kembali normal

    12.Munculnya Masalah kulit
    Diabetes dapat membuat kulit terasa gatal, kering, dan iritasi . Namun ciri ciri seperti ini tersebut belum tentu disebabkan karena penyakit diabetes, jadi belum tentu orang yang memiliki masalah kulit seperti itu merupakan penderita diabetes

    13.Kelelahan dan Mudah marah 
    Rasa lelah muncul karena kurangnya tidur akibat selalu terbangun di tengah malam akibat ingin membuang air kecil dan minum air . Karena kurang tidur, kondisi fisik akan menjadi mudah lelah , letih dan terkadang membuat seorang penderita diabetes mudah marah atau emosi .

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!