• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Wednesday, February 15, 2017

    Cara Menghilangkan Cegukan atau Sendawa

    Sendawa atau Cegukan adalah hal yang tidak terduga datangnya. Biasanya sih selepas makan adegan ini baru muncul. Tak ayal menambah beban pikiran dan menjadi pertanyaan besar bagaimana sih menghilangkan cegukan atau sendawa?
    Dibawah adalah beberapa tips untuk mengatasinya dirangkum dari berbagai sumber blog, dan inilah kesimpulannya?


    Tahan Nafas Beberapa Detik
    Cara menghilangkan cegukan lainnya adalah dengan menahan nafas beberapa detik. Hitung hingga sepuluh, lalu hembuskan nafas kuat-kuat. Jika ada kantong kertas, Anda bisa meniupkan udara keras-keras ke dalamnya agar cegukan segera berhenti.

    Gunakan gula pasir
    Anda juga bisa menggunakan gula pasir sebagai cara menghilangkan cegukan. Ambil satu sendok teh gula pasir, masukkan ke dalam mulut dalam keadaan leher mendongak. Kulum gula pasir beberapa menit hingga larut sendiri di dalam mulut. Setelah itu, minum segelas air putih.

    Tekan langit-langit mulut
    Letakkan ibu jari atau telunjuk yang sudah bersih pada langit-langit mulut lalu pijat dengan lembut. Jika tak suka menggunakan jari, Anda bisa juga menekan langit-langit dengan menggunakan lidah dalam keadaan mulut tertutup.

    Gunakan Es batu
    Cara menghilangkan cegukan tanpa minum, usapkan es batu berukuran sedang ke dagu dan leher. Anda juga bisa minum beberapa tetes air dari es batu tersebut, namun jangan sekali-sekali menelannya. Es batu yang ditelan dalam keadaan cegukan malah dapat menghambat jalan napas.

    Minum air putih
    Ini merupakan cara menghilangkan cegukan paling cepat. Cegukan terjadi karena kerja lubang udara di tenggorokan terganggu akibat adanya benda asing yang masuk ke sana. Umumnya cegukan terjadi apabila kita makan terlalu cepat atau makan makanan yang terlalu pedas. Minum air putih agak banyak untuk menghilangkan cegukan. Agar lebih efektif, minum dalam keadaan sedikit menunduk.

    Peringatan:
    Bila belum sembuh juga, segera ke rumah sakit untuk diperiksa ke Dokter. Selamat mencoba

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!