• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Friday, February 24, 2017

    Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Minum Banyak Air

    Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Minum Banyak Air - Bila anda biasanya tidak minum cukup air sehari-hari, dan tidak terjadi apa-apa dengan kesehatan anda, mungkin anda sedang beruntung. Tapi tahukah anda bahwa organ tubuh mempunyai masanya sendiri dalam menjalankan tugasnya mempertahankan kehidupan. Ketika organ mulai menua, maka fungsi dan kekuatannya akan berkurang, dan bahkan tidak akan bisa berfungsi sama sekali. 10 alasan di bawah ini mungkin akan merubah pandangan anda betapa air sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di masa mendatang.


    Alasan kenapa kita harus minum banyak air :

    1. Air merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh kita. 

    Terdapat sekitar 43 % sampai 75 % air - tergantung usia , lemak tubuh , dll. Kita bisa saja bertahan selama 4 sampai 8 minggu tanpa , tetapi tidak dengan kekurangan air. Diperkirakan bahwa kekurangan air bisa menyebabkan kematian kurang dari  10 hari, pada suhu kamar.

    2. Air berfungsi sebagai penyalur zat gizi

    Air bersirkulasi melewati saluran darah, membantu transportasi nutrisi dan oksigen menuju organ-organ serta sel dalam tubuh. Karena itulah, air berfungsi sebagai pelarut untuk nutrisi dan garam yang dibutuhkan untuk disenyerap oleh tubuh.

    3. Air sebagai pembersih

    Fungsi air menjadi media pembawa limbah metabolik dari tubuh - ini terlihat dalam bentuk urine dan keringat, dan merupakan salah satu fungsi paling penting air dalam tubuh kita.

    4. Air membantu mengurangi risiko batu ginjal

    Sebagaimana kita ketahui, ginjal merupakan organ penyaring produk limbah dari darah dan menyalurkannya keluar tubuh melalui proses pembentukan urin. Peningkatan konsentrasi garam dalam urin meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, karena itulah fungsi air bekerja dengan melarutkan zat tersebut dalam bentuk pengenceran urin. Orang dewasa rentan terhadap batu ginjal, dan dianjurkan mengkonsumsi minimal 8 gelas setiap hari.

    5. Air membantu mengurangi risiko sengatan matahari

    Air menjadi faktor terpenting dalam fungsinya mengatur suhu tubuh kita. Pada kondisi cerah, kita akan berkeringat (mengeluarkan air) lebih banyak. Penguapan dalam bentuk keringat memiliki efek sebagai pendingin tubuh. Kekurangan kecukupan air, menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, dan merusak system pengaturah suhu. Efeknya adalah peningkatan suhu tubuh yang berakibat pada rusaknya organ vital karena sengatan matahari.

    6. Air membantu menurunkan tekanan darah

    Ketika kita kehilangan cairan dalam tubuh melebihi tingkat optimal, baik karena tidak minum yang cukup, olahraga berat, penyakit, dll, maka tubuh akan menyesuaikan kekurangan cairan tersebut dengan cara mengambilnya dari darah. Sedangkan kekurangan cairan dalam darah akan menyebabkan sirkulasi darah menjadi lambat dengan tekanan yang meningkat. Karena itulah kita akan rentan terhadap tekanan darah tinggi. Minum air yang cukup adalah salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi.

    7. Air meminimalkan risiko penyakit jantung

    Jantung bekerja dengan cara memompakan darah ke seluruh jaringan tubuh. Pada kondisi normal, artinya dengan suplai air mencukupi kebutuhan tubuh, darah akan mengalir dengan lancar. Namun pada kondisi tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan mengambil cairan dalam darah. Hal ini tentunya akan membuat sirkulasi darah menjadi terhambat, tekanan darah meningkat, dan ini merupakan pertanda bahwa hati bekerja lebih keras dari biasanya. Dengan konsumsi air mencukupi akan mengurangi resiko penyakit jantung bisa terjadi.

    8. Air membuat kulit Anda dalam kondisi baik

    Keringat merupakan proses pengeluaran cairan dalam tubuh melalui pori-pori. Pada prosesnya, keringat juga akan menghilangkan kotoran yang terdapat di kulit dan membersihkan itu sendiri dari kotoran. Dengan demikian akan membuat kulit lebih bersih dan terlihat lebih sehat. Sedangkan kekurangan cairan akan membuat kulit kering dan cepat berkerut.

    9. Air tidak mengandung kalori

    Mengkonsumsi air tidak akan membuat berat badan naik, hal ini karena air tidak mengandung kalori yang akan diserap oleh tubuh dan menghasilkan energi. Air berfungsi sebagai perantara nutrisi, pengatur suhu tubuh, dan tidak mengandung zat lain seperti kalori pada minuman ringan.

    10. Air menekan nafsu makan

    Karena air tidak mengandung kalori, maka ia sangat ideal sebagai zat pelarut yang akan memberikan rasa kenyang, dan pada gilirannya menurunkan nafsu makan. Jika anda mengalami masalah berat badan, mengkonsumsi banyak air akan bermanfaat bagi anda dalam upaya penurunan berat badan.

    Dengan mencukupi kebutuhan air bagi tubuh, banyak keuntungan serta manfaat yang bisa kita ambil. Air tersedia dimana-mana, dan hampir gratis. Tidak ada alasan untuk kekurangan air dan tidak minum. Ingat, menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati penyakit. Jagalah kesehatan anda, salah satunya memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. Kebutuhan air harian untuk orang dewasa normal adalah sekitar 64 ons atau 8 gelas penuh delapan ons.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!