• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Monday, February 13, 2017

    Manfaat Asam Amino

    Manfaat Asam Amino - Asam amino merupakan senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (biasanya -NH2). Gugus karboksil memberikan sifat asam, sedangkan gugus amina memberikan sifat basa. Dalam bentuk larutan, asam amino bersifat amfoterik: cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan asam. Perilaku ini terjadi karena asam amino mampu menjadi zwitter-ion. Asam amino berfungsi membentuk komponen protein yang nantinya diserap oleh tubuh.


    Asam Amino sendiri terbagi kepada dua jenis :

    - Asam Amino non esensial 

    Yaitu asam amino yang mampu diproduksi dan dihasilkan oleh tubuh manusia.  Yang termasuk golongan ini ialah alanin (alanine), asparagin (asparagine), asam aspartat (aspartatic acid), sistein (cysteine), asam glutamat (glutamaic acid), glutamin (glutamine), glisin (glycine), prolin (proline), serin (serine), tirosin (tyrosine).

    - Asam amino esensial 

    Yaitu asam amino yang tidak mampu disintesis oleh tubuh dan harus didatangkan dari dari asupan makanan. Yang termasuk golongan ini ialah arginin (sebagian arginin diproduksi oleh tubuh secara alami), isoleusin (isoleucine), histidin (histidine), leusin (leucine), metionin (methionine), lisin (lisin), fenilalanin (phenylalanine), triptofan (trptophan), treonin (threonine), valin (valine).

    Asam amino esensial bisa diperoleh dari aneka makanan yang kita makan sehari-hari. Berikut daftar makanan yang banyak mengandung asam amino:

    - Daging - Ayam, domba, ikan, hati, kalkun, daging sapi, daging merah, kerang, udang
    - Sayur – Bunga kol, peterseli, bit, tomat, persik, jamur, rumput laut, kentang, biji labu, labu kuning, seledri, apricot.
    - Buah – Pisang, alpukat, manga, papaya, apel, pir, semangka.
    - Kacang – Kacang polong, kacang kenari, kedelai, kacang mete, almond, hazelnut, gandum, wijen, kecambah, kacang tanah.
    - Susu – Susu kedelai, yogurt, keju
    - Telur

    Manfaat Asam Amino untuk Kesehatan

    Asam amino berfungsi sebagai penyusun protein, termasuk enzim, dan juga merupakan kerangka dasar terhadap sejumlah senyawa dalam proses metabolisme (terutama vitamin, hormon dan asam nukleat). Dari fungsi tersebut, terdapat sejumlah manfaat yang bisa kita ambil bila kebutuhan terhadap asam amino tercukupi:

    - Meningkatkan Massa Otot

    Asam amino dapat membantu meningkatkan berat badan, dan massa otot. Hal ini dikarenakan otot terbentuk dari protein yang terdiri dari bermacam asam amino baik esensial maupun non-esensial. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang berlemak dalam tubuh, dan ini sangat baik untuk kesehatan.

    - Menjaga Keseimbangan Enzim dan Hormon

    Kekurangan asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormone dalam tubuh, terutama hormone pertumbuhan. Asam amino berfungsi memicu pelepasan insulin sehingga dengan demikian akan dapat membantu menjaga tingkat keseimbangan gula darah. Sedangkan hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energy. Asam amino juga berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

    - Mencegah Kerontokan Rambut

    Makanan yang banyak mengandung asam amino dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut dan sekaligus dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, asam amino juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku dan kulit.

    - Menjaga Kesehatan Jantung

    Asam amino yang terdapat dalam makanan dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat. Mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya asam amino sangat baik untuk meredakan stress sebagai penyebab penyakit jantung.


    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!