• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Sunday, February 26, 2017

    Ops! Tanpa Kita Sadari Inilah Penyebab Bau Mulut

    Ops! Tanpa Kita Sadari Inilah Penyebab Bau Mulut - Tahukah anda, apa saja yang menyebabkan bau mulut? Inilah 10 penyebab bau mulut yang jarang kita sadari, sehingga sering kita tidak menghiraukannya dan bahkan menyepelekannya. Bau mulut tentunya sangat mengganggu dan dapat menjadikan kita merasa kurang percaya diri jika sedang ngobrol atau dekat dengan banyak orang. 




    Banyak orang yang mengira jika penyebab bau mulut hanya dapat disebabkan oleh flak, gigi yang berlubang dan jarangnya menggosok gigi. Tetapi ternyata masalah dari bau mulut banyak sekali penyebabnya dan bahkan banyak penyebab yang jarang kita sadari jika hal tersebut dapat menjadikan mulut kita dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau kata istilah anak muda jaman sekarang “Bau Naga” hehe…

    Baik, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan sedikit informasi yang mungkin dapat bermanfaat buat anda semua yang belum tahu beberapa penyebab bau mulut. Yuk, kita simak informasinya lebih jelasnya dibawah berikut ini.

    10 Penyebab Bau Mulut Yang Jarang Kita Sadari

    1. Jarang sarapan
    Sarapan merupakan kebiasaan yang sangat penting untuk selalu kita lakukan setiap hari, karena selain dapat bermanfaat untuk pencernaan, sarapan juga sangat baik untuk organ mulut kita. Manfaat sarapan setiap pagi dapat membantu dalam meningkatkan jumlah produksi air liur yang bermanfaat untuk membersihkan lidah kita dari bakteri yang dapat menimbulkan bau pada mulut.

    2. Adanya gangguan pada organ hati
    Gangguan atau penyakit pada organ hati seperti hal nya dengan lemak hati atau sering kita kenal dengan sebutan penyakit kuning merupakan penyebab bau mulut. Hal ini dikarenakan organ hati tersebut bertanggung jawab dalam menjaga metabolisme lemak, sehingga jika hal tersebut sudah tidak dapat lagi dilakukan dengan baik, maka bakteri akan menumpuk pada mulut kita yang akhirnya dapat menyebabkan bau tak sedap.

    3. Penyakit gagal ginjal
    Menurut penelitian medis, bau mulut juga dapat disebabkan terjadinya gagal ginjal. Maka jika seseorang yang memiliki masalah gagal ginjal, aroma nafasnya akan terasa sangat kurang sedap.

    4. Program diet
    Seseorang yang menjalalankan program diet pastinya akan sering mengkonsumsi makanan kaya protein, ini dikarenakan asam amino yang terkandung didalamnya dapat berfungsi sebagai tempat berkembangbiak bakteri didalam mulut kita.

    5. Sering minum minuman beralkohol
    Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan terjadinya kekeringan pada kelenjar ludah, sehingga hal itu dapat memicu pertumbuhan bakteri didalam mulut.

    6. Kebiasaan tidur mendengkur
    Kebiasaan orang yang selalu tidur mendengkur akan memiliki masalah dengan bau mulut, ini dikarenakan orang yang tidurnya mendengkur akan bernafas melalui mulutya, sehingga dapat menyebabkan air liur didalam mulut menjadi kering dan menimbulkan aroma tak sedap pada mulut.

    7. Sariawan
    Bau pada mulut juga dapat disebabkan oleh karena akibat dari sariawan, karena sarian dapat menyebabkan terjadinya pembentukan nanah yang akhirnya menjadi infeksi.

    8. Gusi berdarah
    Terjadinya pendarahan pada gusi juga dapat menyebabkan aroma mulut yang tidak sedap, ini dikarenakan darah yang terdapat pada gusi dapat menempel dan menimbulkan bau tak sedap.

    9. Akibat infeksi tenggorokan
    Infeksi tenggorokan dapat menyebabkan terjadinya pemecahan terhadap sel-sel di dalam saluran bronkial yang dapat menyebabkan menumpuknya lendir yang memiliki aroma tidak sedap, sehingga dapat berujung pada bau mulut.

    10. Konsumsi obat-obatan
    Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut dan air liur menjadi kering, seperti halnya obat depresan, pereda rasa sakit dan sebagainya. Hal ini dikarenakan, mulut yang kering dapat memicu bau mulut.

    Nah, itulah 10 penyebab bau mulut yang jarang kita sadari. Semoga informasi yang saya sampaikan diatas dapat memberikan manfaat bagi anda semua.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!