• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Monday, February 6, 2017

    Penyebab Perut Wanita Lebih Mudah Buncit Dari Pria

    Perut buncit bukan hanya sekedar penampilan yang kurang menarik, namun lebih pada masalah kesehatan. Memiliki perut buncit beresiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung dan masih banyak lagi.


    Penyebab Perut Wanita Lebih Mudah Buncit Dari Pria

    Seperti yang dikutip dari tribunnews.com, sebuah buku tulisan Robynne Chutkan, seorang ahli pencernaan dan pendiri Digestive Center for Women di Washington DC menjelaskan bahwa wanita memiliki kecenderungan mengalami kembung karena memiliki usus yang lebih panjang.

    Cara Mengecilkan Perut Wanita

    Karena wanita memiliki perbedaan mendasar pada saluran penceraan dengan pria, maka perlu beberapa tindakan khusus untuk mengatasi perut buncit tersebut. Berikut ini beberapa tips mengecilkan perut buncit wanita.

    Kurangi Asupan Garam


    Garam yang berlebihan dapat menyebabkan perut kembung. Asupan garam yang disarankan hanya 1.500 mg per hari. Untuk menghindari konsumsi garam berlebih, sebaiknya jangan menaruh garam di meja makan dan batasi jumlahnya saat memasak. Hindari juga makanan cepat saji karena sarat dengan garam dan penambah rasa.

    Perbanyak Asupan Serat
    Serat sangat baik untuk program diet dan dapat memperlancar sistem pencernaan. Berbagai menu makanan yang mengandung serat diantaranya adalah  jeruk, jamur, raspberry, brokoli, dan kubis.

    Fokus Pada Makanan Kaya Kalium


    Makanan yang kaya kandungan kalium seperti pisang dan ubi jalar dapat membantu menyingkirkan kelebihan air sehingga ukuran pinggang Anda juga akan mengecil. Sedangkan makanan yang mengandung natrium membuat tubuh menahan air dan membuat perut tampak buncit.

    Tetap Terhidrasi


    Perbanyak minum air putih minimal delapan gelas setiap hari. Air yang cukup sangat baik untuk memastikan serat dapat melakukan tugasnya dan juga untuk meringankan sembelit.

    Hindari Stres Pencernaan
    Stres pencernaan terjadi ketika makanan sulit dicerna oleh tubuh seperti gula atau makanan berlemak. Sebaiknya fokus pada makanan yang dibuat dengan gandum dan sayuran kukus untuk melancarkan sistem pencernaan.

    Hindari Pemanis Buatan
    Pemanis buatan dapat menyebabkan gas, dan kembung. Hal ini terjadi karena pemanis buatan tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh, bakteri dalam usus besar cenderung memfermentasi mereka. Oleh sebab itu selalu periksa label makanan untuk menghindari sorbitol, mannitol, xylitol, dan lacitol.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!