• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Wednesday, April 19, 2017

    Masuk Angin Dan Cara Mengatasinya

    Masuk Angin Dan Cara Mengatasinya - ternyata tidak dikenal didunia medis, namun istilah ini sudah sering dipakai untuk dikiaskan kepada penderita masuk angin. Definisi masuk angin hanya ada di Asia dan juga Cina dengan nama Cin Fong termasuk di dunia ilmu kedokteran tidak dikenal sama sekali.



    Dikarenakan di Indonesia khususnya banyak orang termasuk admin mudah terkena masuk angin, untuk itu admin akan menjelaskan Kiat, Cara, Tips Lengkap Menghadapi Masuk Angin sebagaimana terurai dalam penjelasan dibawah ini

    Gejala-gejala Masuk Angin, diantaranya:
    • Demam ringan yang diikuti pilek / flu
    • Rasa kembung
    • Rasa kembung yang disertai dengan sendawa-sendawa
    • Rasa kembung yang disertai dengan sering buang angin / kentut
    • Rasa kembung yang disertai dengan susah sendawa, susah buang angin, dan susah buang air besar
    • Rasa kembung yang disertai dengan mencret
    • Rasa kembung dengan gangguan / keluhan kencing
    • Rasa kembung yang disertai dengan rasa oyong-oyong / pusing / pening
    • Sendawa-sendawa jika badan diurut-urut / dipijat-pijat
    • Dan lain-lain.
    Penyebab Masuk Angin diantaranya diakibatkan seperti:
    Telat makan
    sehingga perut menjadi kosong dan terisi dahulu oleh angin sehingga perut terasa penuh dan kembung mengakibatkan rasa mual akan tetapi sulit untuk dimuntahkan.

    Faktor cuaca
    dalam kondisi cuaca dingin bagi sebagian orang yang telat makan biasanya bisa menyebabkan masuk angin, pergantian cuaca yang ektrim atau dimusim pancaroba dan lain-lain.

    Kurang istirahat yang cukup
    atau kurang tidur ditambah dengan asupan nutrisi yang kurang mewadahi juga bisa memicu terjadinya masuk angin.

    Berkendara
    Bagi anda yang tidak terbiasanya dengan berkendara biasanya juga gampang terkena masuk angin
    seperti ketika naik bus, mobil dengan perjalanan waktu yang lama.

    Pengobatan / Terapi Masuk Angin diantaranya seperti:
    Makan Secara Teratur
    Makan secara teratur serta minum vitamin atau suplemen berguna untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena masuk angin.
    Gunakan Jaket Tebal Saat berpergian
    Ketika terjadinya musim hujan atau saat cuaca sangat dingin di anjurkan untuk memakai jaket yang tebal dalam hal ini untuk mengantisipasi angin masuk kedalam tubuh kita, dalam hal ini juga dengan menggunakan jaket sangat penting untuk di pakai ketika bepergian membawa kendaraan bermotor.
    Hindari Minuman juga Makanan Dingin
    Menghindarii minuman dingin meruupakan salah satu langkah tepat untuk menghindari terjadinya masuk angin.
    Pengobatan, Ramuan Alami untuk Masuk Angin
    1. Jahe
    Keberadaan Jahe mempunyai sifat menghangatkan tubuh dengan demikian dapat dimanfaatkan untuk mengatasi terjadinya masuk angin.
    Caranya ambil 2 buah jahe sebesar dua ibu jari kemudian dihaluskan sampai halus dan lalu campurkan kedalam air hangat, bisa langsung meminumnya. Bila diminum langsung terasa tidak enak tambahkan gula merah atau madu. 
    2. Ubi Merah
    Caranya sangat mudah siapkan satu buah umbi merah dikupas kemudain cuci hingga bersih, rebus bersama rempah rempah lainnya diantaranya jahe merah, 8 butir kapulaga, 8 butir merica dan gula merah, 4 butir cengkeh, 1 ibu jari kayu manis, rebus bersamaan dan minumlah ketika masih hangat. 
    3. Bawang putih
    Kita tahu bahwa bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai anti bakteri dalam tubuh serta juga anti jamur yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita. Bawang putih juga merupakan antibiotik alami yang sangat aman untuk menanbah imun tubuh. 
    4. Daun Pepaya
    Daun pepaya akan terasa pahit jika dikanan atau direbus untuk diminum airnya, meski demikian ternyata daun pepaya bisa bermanfaat untuk menyembuhkan masuk angin, dengan cara merebus beberapa helai daunnya kemudian minum ketika masih dalam kondisi hangat. 
    3. Jeruk
    Dengan minum jus jeruk bisa mengantisipasi masuk angin sebab dalam kandungan jeruk terdapat Vitamin C yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh ketida di cuaca dingin, atau bagi mereka yang rentan terhadap terjadinya masuk angin sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi buah ini.

     

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!