• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Tuesday, May 30, 2017

    Manfaat Kurma Sebagai Menu Utama Buka Puasa

    Manfaat Kurma Sebagai Menu Utama Buka Puasa – “Marhaban Ya Ramadhan”. Siapa yang tidak tahu kurma? Pasti semua orang mengetahuinya, apalagi di bulan yang suci ini yaitu bulan ramadhan karena kurma ini sangat cocok sekali dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Sejarah para nabi jaman dahulu ketika sudah waktunya berbuka pasti yang pertama dikonsumsi adalah biji kurma ini. Maka dari itu, kurma ini memang pantas disebutkan sebagai menu utama saat berbuka di bulan ramadhan. Seiring dengan itu, didalam kesempatan kali ini saya akan share tentang Manfaat Kurma Sebagai Menu Utama Buka Puasa.


    Kurma ini memang sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena kurma ini selain rasanya yang enak, ia juga memiliki banyak kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan. Selain itu, kurma merupakan jenis makanan yang disukai para Nabi dan Rosul. Namun, sebelum mengetahui lebih jauh dari keutamaan kurma di bulan ramadhan ini, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu kurma?

    Apa itu Kurma?

    Kurma adalah adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m. Nah, itulah definisi dari kurma yang peru sekali Anda ketahui.

    Keutamaan Kurma

    Apa yang menjadi keutamaan kurma? Nah, keutamaan kurma ini disebutkan dalam ayat Al Quran. Dalam Surat Maryam ayat 25-26, Allah SWT berfirman: "Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.” Itulah yang menjadi keutamaan kurma yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya keutamaan ini Anda menjadi lebih gemar lagi untuk mengkonsumsi kurma terutama di bulan suci ramadhan ini.
    Setelah diatas diketahui tentang definisi dan keutamaan dari kurma, sekarang saatnya diketahui kandungan dan khasiat kurma sehingga kurma dijadikan sebagai menu utama di bulan ramadhan ini.

    Kandungan dan Khasiat Kurma

    Kurma ini memang tak asing bagi Anda dan buah ini kerap dijadikan menu utama di bulan ramadhan ini. Selain rasanya manis buah ini juga mengandung karbohodrat, rendah lemak, kaya bermacam vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Nah, inilah selengkapnya beberapa kandungan dan khasiat sekaligus kelebihan dari buah kurma yang bisa Anda dapatakan, yaitu sebagai berikut:
    1.    Kaya Anti-oksidan
    Perlu Anda ketahui bahwa kurma ini mengandung zat fitokemikal, polifenol, sterol, tannin, dan akroten. Kandunga tersebut yang terdapat didalam buah kurma yang dapat bermanfaat dan bertindak sebagai anti-oksidan yang mampuh mencegah pembetukan radikal bebas dalam tubuh. Karena hal tersebut itu akan menganggu kesehatan tubuh Anda.

    2.    Kaya Serat
    Kurma ini kaya akan kandunga serat yaitu disebut juga kandungan serat pangan larut dalam air dalam bentuk pektin sehingga buah kurma ini jauh lebih besar kaya seratnya dibandingkan dengan buah-buah lain. Maka konsumsilah kurma karena kurma mengandung serat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda dibandingkan buah-buah yang lainnya.

    3.    Mengandung Glukosa
    Kurma ini mengandung glukosa, nah kandungan tersebut ternate dapat bermanfaat untuk memulihkan satamina yang sudah menurun. Jadi, di bulan ramadhan ini mungkin stamina Anda cepat menurun maka dari itu, konsumsilah kurma disaat berbuka dan sahur.

    4.    Mengandung Karbohidrat
    Karbohidrat yang terkandung didalam kurma mampu bermanfaat dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh disaat menjalankan puasa di bulan suci ramadhan ini. Maka sajikanlah kurma ini sebagai menu makan utama di bulan ramadhan ini.

    5.    Mengandung Rendah Lemak
    Kurma ini memiliki kandungan yang rendah akan lemak. Maka ketika di konsumsi di bulan suci ramadhan ini akan menjadikan hawa nafsu makan berkurang, rasa kenyang tetap terjaga dan juga mencegah dari tejadinya tubuh gemuk. Maka dengan kata lain kurma baik juga untuk menu diet Anda di bulan suci ramadhan ini.

    6.    Dapat Mencegah Kanker
    Kurma ini dapat bermanfaat untuk mencegah kanker. Mengapa demikian? Karena kurma ini mengandung boron yang tinggi sehingga dapat melindungi dari tejadinya kanker otak. Jadi, konsumsilah kurma karena kurma dapat mencegah terjadi kanker otak.

    7.    Sebagai Sumber Energi
    Ketika menjalankan puasa di bulan ramadhan ini terkadang sumber energy tidak mencukup sebagai mana yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, konsumsilah kurma karena kurma dapat menjadi sumber energy bagi tubuh Anda. Nah, caranya: dengan mengkonsumsi kurma 100 gram perhari sehingga akan memenuhi 12-15% kebutuhan energi harian Anda.

    8.    Bermanfaat Untuk Menjaga Otot
    Otot-otot dalam tubuh dapat terjaga kekuatan dan kesehatannya. Mengapa demikian? Karena kurma ini mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lain. Nah, perlu diketahu juga bahwa kandungan lysine didalam buah kurma 2000 kali dibandingan apel dan pisang dan 5000 kali dibandingkan jeruk. Lysine ini dapat bermanfaat menstymulasi pertumbuhan dan perkembangan otot.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!