• Kemantan Corp

    Berbagi Tips Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Fitness, Olahraga dan Metode Penyembuhan Berbagai Penyakit

    Saturday, May 27, 2017

    Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

    Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa – “Marhaban Ya Ramadhan”. Setiap orang muslim di bulan ramdhan pasti menjalankan puasa. Mengapa demikian? Karena puasa hukumnya wajib dan bagi orang yang tidak melaksanakan puasa di bulan ramadhan maka dia akan mendapatkan siksa di akhirat nanti dari Allah SWT. Perlu diketahui bagi orang yang berpuasa saat bernafas terkadang menimbulkan bau mulut, nah kata dalil bau mulut di bulan puasa akan menjadi wangi bunga kasturi di akhirat nanti. Namun, jika bau mulut berlebihan yang mengakibatkan orang lain menjauh dari kita tetap saja harus diatasi. Maka dari itu, didalam kesempatan kali ini saya akan share yaitu tentang mengatasi bau mulut saat berpuasa yang bisa dilakukan dengan mudah.

     
    Selain hal tersebut di atas, bau mulut ini disebabkan oleh sisa makanan yang dikonsumsi, maka ketika selesai makan berkosok gigilah. Nah, hal tersebut juga salah satu cara untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Oh iya, selain hal tersebut ada beberapa penyebab yang akan menjadikan bau mulut. Jadi, alangkah baiknya kita ketahui dulu yang menjadi penyebab bau mulut ini.

    Penyebab Terjadinya Bau Mulut

    Inilah beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya bau mulut saat berpuasa yaitu sebagai berikut:
    1.    Bakteri
    Bakteri yang terdapat di,mulut ini yaitu dari sisa-sisa makan yang menjadi gas sulfur yang akhirnya menyebabkan bau mulut di saat bernafas.

    2.    Makanan
    Ketiak akan berpuasa pasti melkukan sahur dengan mengkonsumsi beberapa makanan. Nah, makanan ini yang dikunya didalam mulut sehingga mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau mulut saat bernafas.

    3.    Pengidap Penyakit Diabetes dan Maag
    Perlu diketahui, bahwa bau mulut juga dapat terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti pengidap penyakit diabetes dan maag. Maka jangan heran ketika Anda mengidap penyakit tersebut bau mulut akan timbul ketika bernafas. Jika bau mulut disebabkan oleh hal tersebut segralah konsultasi ke dokter yang bersangkutan.
    Nah itulah penyebab yang akan menyebabkan bau mulut saat berpuasa. Maka dari itu, segerlah atasi bau mulut tersebut dengan cara dibawah ini yaiu cara mencegah bau mulut saat berpuasa.

    Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

    Bau mulut yang berlebihan ketika Anda melakukan saat berpuasa harus segera diatasi atau dicegah. Bagaimana cara mencegah bau mulut tersebut? Inilah lebih jelas dan lengkapnya tips untuk mencegah bau mulut saat berbuasa di bulan ramadhan, yaitu sebagai berikut:
    1.    Dengan Mengosok Gigi
    Ketika Anda selesai makan baik itu saat sahur maupun berbuka, bergosok gigilah. Karena dengan menggosok gigi akan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat didalam mulut. Nah, jika tidak menggosok gigi maka partikel sisa-sisa makanan akan membusuk didalam mulut sehingga akan mengkibatkan bau mulut. Maka dari itu, seperti yang dijelaskan di atas segeralah menggosok gigi hingga bersih dari sisa-sia makanan yang telah Anda konsumsi yang terdapat didalam mulut dab gigi.

    2.    Dengan Minum Air Putih
    Ketika Anda sahur ataupun berpuka, minumlah ari putih secukupnya yaitu 8 gelas yang dibagikan ketika sahur, malam, dan buka puasa. Lebih jelasnya 2 gelas saat sahur, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat berbuka puasa. Perlu diketahui, dengan meminum air putih dengan cara tersebut akan membantu mencegah bau mulut ketika menjalankan puasa. Mengapa demikian? Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya dan terutam terhindar dari yang namanya bau mulut yang berlebih.

    3.    Dengan Minum Teh Hujau (Tanpa Pemanis)
    Bau mulut ini dapat dicegah dengan meminum teh hijau. Nah, minulah hal tersebut disaat sahur dan berbuka puasa. Mengapa teh hujau ini dapat bermanfaat untuk mencegah bau mulut? Karena teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan. Nah, sekali lagi minumlah teh hijau saat sahur dan buka puasa untuk mencegah bau mulut yang berlebih ketika Anda melaksanakan puasa disiang harinya.

    4.    Dengan Menghindari Makanan yang Berbau
    Jika Anda ingin terhindar dari bau mulut ketika berpuasa disiang harinya, maka hindarilah makan yang berbau disaat sahur. Makanan yang berbau ini misalnya; jengkol, petai, durian, dan sebagainya. Nah, hindarilah makan tersebut jika Anda tidak ingin bau mulut ketika berpuasa.

    5.    Dengan Menghindari Makanan yang Lengket
    Hindari jenis makanan yang lengket jika Anda ingin terhindar dari yang namanya bau mulut. Apa saja makanan lengket tersebut? Makanan ini diantaranya; es krim, kue, coklat, dan buskuit. Nah, jenis makanan ini ketika dikonsumsi saat sahur susah sekali disembuhkan dan akhirnya menempel di gigi yang nantinya mengakibatkan bau mulut ketika berpuasa.

    6.    Dengan Menghindari Tidur Terlalu Lama
    Aturlah tidur Anda ketika berpuasa karena jika tidur terlalu lama, hal tersebut akan memicu terjadinya bau mulut ketika bangun dari tidur Anda.

    7.    Dengan Berolahraga
    Ketika berpuasa mungkin olahraga akan malas karena alasannya cape dan menimbulkan rasa haus. Namun, perlu diketahui ketika berpuasa olahraga juga sangat diperlukan. Nah, berolahragalah seringan mungkin seperti peregangan, jalan-jalan santai, dan sebagainya. Perlu diketahu oleh Anda? bahwa dengan berolahraga akan melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut.

    8.    Dengan Mengurangi Merokok
    Bagi orang-orang yang suka merokok, segeralah kurangi merukok Anda bahkan hindarilah merokok, karena merokok ini dapat menjadi penyebab terjadinya bau mulut. Jadi, hindarilah merokok jika Anda ingin terhindar dari yang namanya bau mulut.

    9.    Dengan Mengkonsumsi Buah-Buahan
    Bau mulut bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah-buahan ini mengandung vitamin yang baik sekali untuk mengatasi bau mulut ketika akan melaksanakan puasa. Buah-buahan ini diantaranya; buah jeruk, apel, dan pisang. Namun, konsumsilah buah-buahan ini sebelum menyikat gigi agar ketika menyikat gigi sisa-sisa makanan yang menempel di mulut dan gigi dari buah-buahan tersebut dapat dihilangkan.

    No comments:

    Post a Comment

    Perhatian!